SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT melalui Media Permainan Ludo pada Peserta Didik Kelas V di SDN 02 Kanigoro Madiun

Filda Dwi Utami (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri P (Universitas PGRI Madiun)
Atik Puji Astuti (SD N 02 Kanigoro Madiun)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek penting keterampilan berbahasa dalam ruang lingkup pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian yang dilakukan di kelas V SD N 02 Kanigoro pada pembelajaran menulis pantun menunjukkan peserta didik kurang antusias dan kesulitan dalam memahami cara penulisan pantun. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu agar memberikan peningkatan terhadap keterampilan menulis pantun pada peserta didik kelas V di SD N 02 Kanigoro yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui permainan ludo. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 27 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini juga memakai instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes yang ditulis dalam bentuk esai. Instrumen ini digunakan untuk mengukur seberapa besar keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran melalui penggunaan permainan ludo. Hasil dari tes tertulis dan observasi menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 54,6 pada tahap pra-siklus, dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,3%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 76,11 kemudian pada siklus II mengalaimi peningkatan dengan nilai rata-rata 86,8. Sebagai hasilnya, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas V SD N 02 Kanigoro Madiun mampu meningkatkan kemampuan menulis pantun secara signifikan dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) melalui metode permainan ludo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...