SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Velyn Febianti (Unknown)
Heny Kusuma (Unknown)
Eka Nofri Ari Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaplikasian media animasi audio visual terhadap keterampilan menulis cerita fabel pada siswa yang tergabung dalam kelompok pembelajaran III di SD Negeri 1 Klegen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design melalui pembentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pendekatan riset yang diterapkan adalah Nonequivalent Control Group Design, di mana kedua kelompok tidak dipilih secara acak. Kelompok eksperimen menerima treatment berupa pengajaran menggunakan media animasi, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan treatment atau pengajaran tanpa menggunakan media animasi. Tujuan dari penerapan pendekatan pengajaran yang berbeda ini adalah untuk mengkaji dampak media animasi dan sejauh mana dampak tersebut, dengan memberikan treatment khusus pada kelompok eksperimen dan kontrol, sehingga dapat membandingkan peningkatan minat belajar siswa. Sampel dalam riset ini terdiri dari 56 siswa kelompok pembelajaran III di SD Negeri 1 Klegen, yang dibagi menjadi dua kelompok belajar, yaitu kelompok IIIA dan kelompok IIIB. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling, sehingga terdiri dari 28 siswa dari kelompok IIIA dan 28 siswa dari kelompok IIIB.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...