SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V di SDN 01 Klegen

Anita Rahma Hardiyanti (Unknown)
Raras Setyo Retno (Unknown)
M. Soepriyadi L (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi Powtoon terhadap hasil belajar tematik kelas v di SDN 01 Klegen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dalam bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah siswa kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil belajar diuji dengan menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi Powtoon terdapat peningkatan dalam hasil belajar tematik kelas v dengan hasil sig (2.tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video animasi Powtoon terhadap hasil belajar tematik kelas v di SDN 01 Klegen.Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V di SDN 01 Klegen

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...