Latar beakang dari penelitian ini yaitu rendahnya pendidikan literasi keuangan pada murid sekolah dasar baik dirumah maupun sekolah sehingga siswa sekolah dasar belum mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi keuangan anak pada SD Negeri Tawun 2 Kasreman melalui permainan monopoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian . Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pola penelitian induktif yang meliputi reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebelum diberikan permainan monopoli menunjukkan dalam hal perencanaan dan pengelolaan keuangan secara keseluruhan siswa masih belum mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Setelah adanya implementasi permainan monopoli, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengatur dan membuat perencanaan keuangan dengan cara membuat catatan pengeluaran selama satu minggu dan membandingkan dengan minggu sebelumnya. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu media monopoli meningkatkan literasi keuangan siswa sehingga mampu mengelola keuangan pribadi.
Copyrights © 2022