SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implementasi Culturally Responsive Teaching Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN Beran 4 Ngawi

Awaliyah Fajar (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Lis Yanthi Nurhayati (SDN Beran 4 Ngawi)
Endah Widiyowati (SDN Beran 4 Ngawi)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan penamanam konsep dan berpikir logis yang abstrak agar dapat dilihat langsung di kehidupan nyata, oleh karena itu dibutuhkan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbasis proyek yang didalamnya terdapat unsur-unsur budaya yang sesuai dengan karakteristik dan keseharian peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas prasiklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa implementasi Culturally Responsive Teaching berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Dearahku dan Kekayaan Alamnya pada peserta didik SDN Beran 4 Ngawi. Peningkatan hasil belajar IPA ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar prasiklus 47,82%. Pada siklus I sebesar 73,91% dan pada siklus II sebesar 91,30%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...