Keterlibatan orang tua menjadi salah salah penentu dalam keberhasilan program di PAUD. Guru sebagai pendidik menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan orang tua untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak dengan lebih. Keterlibatan orang tua siswa merupakan salah satu wadah untuk menjalin kerjasama antara orang tua dan sekolah di PAUD, untuk itu penting manajemen paguyuban wali murid agar tujuan paguyuban wali murid siswa bisa terapai sesuai harapan. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai manajemen paguyuban wali murid PAUD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer yaitu kepala sekolah dan sumber data sekunder literatur dan dokumen mendukung penelitian. Penelitian ini dilakukan di Cendekia Kids School (CKS) Madiun. Hasil penelitian ditemukan bahwa hubungan antara guru dan orang tua terjalin harmonis. Pada saat akan mengadakan kegiatan yang melibatkan orang tua para guru dan orang tua kompak melakukan perenanaan untuk mendukung keberhasilan kegiatannya dan mengevaluasi setelah kegiatan. Sebagian besar orang tua terutama pengurus paguyuban wali murid aktif mengikuti setiap pertemuan rutin dengan guru dan antusias setiap kali terlibat dalam kegiatan. Memberi kritikan dan saran kepada guru. Manajemen paguyuban di Cendekia Kids School sudah berjalan dengan baik dimana antara guru dan orang tua secara rutin berkomunikasi mengenai proses pembelajaran baik secara langsung maupun tidak. Guru dan orang tua juga aktif secara komunikasi melakukan musyawarah,menampung ide-ide setiap akan ada kegiatan. Membagi peran dalam kegiatan sehingga semua dapat berperan aktif
Copyrights © 2024