SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Atas

Novi Tri Wulandari (Universitas PGRI Madiun)
Selvia Puput Anggraini (Universitas PGRI Madiun)
Nadila Ayunda Silvia (Universitas PGRI Madiun)
Dheka Septiana (Universitas PGRI Madiun)
Nehaya Sadina (Universitas PGRI Madiun)
Liana Vivin Wihartanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu industri yang diuntungkan oleh pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Guru menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran untuk berkomunikasi dengan siswanya, salah satu alat tersebut adalah Kahoot. Siapa pun yang ingin belajar atau mengajar menggunakan teknik modern dapat memanfaatkan program ini dengan sangat sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat aplikasi Kahoot dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan kajian literatur. Sampel sebanyak 10 artikel penelitian dan pengembangan media pembelajaran Kaboot digunakan dalam kajian literature review ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kahoot tidak hanya meningkatkan partisipasi aktif siswa, tetapi juga membantu dalam memperdalam pemahaman konsep-konsep ilmu pengetahuan sosial secara efektif. Penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi juga dinilai mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan engaging.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...