SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Inquiry Learning di Kelas IV SDN 060833 Medan

Indah Metasari Sipahutar (Universitas Katolik Santo Thomas)
Dewi Anzelina (Universitas Katolik Santo Thomas)
Sumarlin Mangandar Marianus (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inqury Learning. Subjek dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada pratest (tes awal) siswa memperoleh nilai tuntas sebanyak 10 siswa (33,33%) sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa (66,67%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (54,65%). Pada tahap post test siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas (46,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (53,33%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (71,35%). Pada tahap post test siklus II terdapat peningkatan menjadi 24 siswa yang tuntas (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (20%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (84%). Kemudian pada hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebanyak (68,33%) dengan kategori (baik), siklus II meningkat sebanyak (91,66%) dengan kriteria (baik sekali). Dan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai sebanyak (60%) dengan kategori (Cukup), siklus II meningkat sebanyak (96%) dengan kategori (baik sekali). Model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 060833 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...