SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Parapuzzle untuk Meningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Peserta Didik Kelas V SD Negeri 05 Madiun Lor

Devi Annisa Istikhanah (Universitas PGRI Madiun)
Nur Samsiyah (Universitas PGRI Madiun)
Sri Pudjiwati (SDN 05 Madiun Lor)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kelas Vb SDN 05 Madiun Lor dalam menentukan ide pokok paragraf melalui penerapan model pembelajaran PBL dengan media Parapuzzle. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Terdapat peningkatan sebesar 47% pada prasiklus ke siklus I kemudian meningkat sebesar 20% dari siklus I ke siklus II.  Kesimpulan pada penelitian ini berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa integrasi dari model PBL dengan media Parapuzzle dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok peserta didik kelas V SDN 05 Madiun Lor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...