SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Upaya Peningkatan Kreatifitas dan Keaktifan Minat Belajar Melalui Proyek Infografis pada Aplikasi Canva di Kelas X-H SMAN 6 Madiun

Ryo Bintang Azfar (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keaktifan minat belajar siswa kelas X-H SMAN 6 Madiun dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui proyek infografis menggunakan aplikasi Canva. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 37 siswa sebagai subjek penelitian. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang. Instrumen penelitian meliputi tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan proyek infografis pada aplikasi Canva dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan minat belajar siswa secara signifikan. Pada post-test siklus I, masih sebanyak 12 siswa (32,4%) yang belum mencapai nilai KKM. Namun, pada post-test siklus II, seluruh siswa berhasil melampaui nilai KKM. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning melalui proyek infografis dengan aplikasi Canva dapat membuat pembelajaran Pendidikan Pancasila lebih menyenangkan dan meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...