Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bahan ajar berupa E-book berbasis SETS (Science Environment Technology Society) untuk menguatkan literasi sains pada kelas VI SDN Pilangbango Kota Madiun sebagai salah satu media pembelajaran yang mudah di gunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data didasarkan pada sumber data yaitu RPP, Silabus, Observasi, Wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data disumpulkan bahwa bahan ajar E-book berbasis SETS untuk menguatkan literasi sains tergolong inovatif. Berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, observasi maupun pemberian angket respon siswa di kategorikan baik, dimana siswa antusias dalam menggunakan E-book berbasis SETS dalam pembelajaran. Siswa menjadi gemar belajar karena selain mudah juga terdapat nyanyian di dalamnya, kerjasama siswa juga terbentuk dalam kegiatan berkelompok sehingga mampu untuk menumbuhkan sikap positif terhadap siswa dalam interaksi.
Copyrights © 2022