SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Flashcard Math Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 03 Josenan

Daning Dwi Novitasari (Universitas PGRI Madiun)
Hendra Erik Rudyanto (Universitas PGRI Madiun)
Siti Subandiyah (SD Negeri 03 Josenan Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Flashcard Math. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 03 Josenan Kota Madiun. Jumlah siswa kelas V yang diteliti sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui prosedur perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (thinking). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar  37,5 % dengan rata-rata  69,38 Sementara pada siklus II sebesar 87,5% dengan rata-rata 81,88. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Flashcard Math dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 03 Josenan pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...