SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implementasi Model Word Square Terhadap Pembelajaran Bahasa Jawa Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Kelas V SDN Ngelo 1

Nita Purnamasari (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
M. Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap keterampilan membaca aksara Jawa. Penyebabnya adalah kurangnya inovasi dalam model pembelajaran yang menyebabkan kebosanan dan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian bertujuan untuk peningkatan keterampilan membaca aksara Jawa dengan menerapkan model word square untuk siswa kelas V di SDN Ngelo 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Ngelo 1 Kabupaten Bojonegoro sejumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes unjuk kerja, observasi dan dokumen. Data kualitatif digunakan untuk analisis data. Hasil dari penelitian berhasil meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa kelas V. Pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata 65 meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan rata-rata 82,5. Simpulan dari penelitian ini adalah model word square berhasil meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa kelas V SDN Ngelo 1 kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...