Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap keterampilan membaca aksara Jawa. Penyebabnya adalah kurangnya inovasi dalam model pembelajaran yang menyebabkan kebosanan dan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian bertujuan untuk peningkatan keterampilan membaca aksara Jawa dengan menerapkan model word square untuk siswa kelas V di SDN Ngelo 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Ngelo 1 Kabupaten Bojonegoro sejumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes unjuk kerja, observasi dan dokumen. Data kualitatif digunakan untuk analisis data. Hasil dari penelitian berhasil meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa kelas V. Pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata 65 meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan rata-rata 82,5. Simpulan dari penelitian ini adalah model word square berhasil meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa kelas V SDN Ngelo 1 kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro.
Copyrights © 2024