Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran role palyingg di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 pada maret-april 2022. Metode penelitian menggunakan pendekatan Action Research dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan metode pembelajaran role playing yang diperoleh melalui metode PTK,wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian, guru kelas dan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Pendil. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing di SD Muhammadiyah 2 Desa Pendil Kecamatan Gending sudah terlaksana dimulai dari Pratindakan Siklus 1 dan Siklus 2 yang terdiri dari Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing)refleksi (reflection). Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPA materi pokok sistem pencernaan manusia di SD Muhammaidyah Pendil dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswadengan hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 56,4% kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 74,64%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,14%.
Copyrights © 2022