Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran mahasiswa kampus mengajar angkatan 5 pada sekolah penempatan melalui implementasi berbagai program kampus mengajar dalam upaya memberikan peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kegiatan Kampus Mengajar di SD Negeri Kayutrejo 03 Widodaren dalam implementasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan total siswa 35 orang. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan langsung) yang ditujukan langsung kepada kepala sekolah, guru pamong, tenaga pendidik, serta siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakaan media pembelajaran yang bervariatif sangat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar, hal itu dibuktikan dengan adanya pencapaian pada tes yang dilakukan dengan menggunakan AKM Kelas, dimana pada hasil literasi mengalami peningkatan sebesar 11,7% dan pada numerasi sebesar 8,4%.
Copyrights © 2023