Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajarn matematika yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan menjadikan pengalaman siswa sebagai titik tolak pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Se-Kecamatan Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunaakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan post-test untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika. Data hasil belajar diuji dengan menggunakan uji T Test paired Sample. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan hasil signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.
Copyrights © 2023