SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024

Heny Apriani (Universitas PGRI Madiun)
Dwi Zaini Imron Susilo (SMA Negeri 1 Nglames)
Dahlia Novarianing Asri (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Perilaku asertif merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk mengekspresikan diri, menyampaikan pendapat, dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus ke 1, terjadi peningkatan perilaku asertif pada siswa tidak signifikan, namun masih terdapat kekurangan. Pada siklus ke 2, dilakukan perbaikan dengan melibatkan siswa dalam penyusunan naskah atau dialog role play. Hasilnya, seluruh siswa mengalami peningkatan perilaku asertif yang signifikan, seperti kemampuan mengungkapkan perasaan, mempertahankan hak pribadi, memiliki harga diri tinggi, dan menciptakan hubungan yang jujur. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play terbukti dapat meningkatkan perilaku asertif siswa melalui pemahaman pentingnya perilaku asertif, pengalaman langsung memerankan perilaku asertif dan keterlibatan aktif dalam penyusunan naskah dialog.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...