SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi (Smart TV) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PPKn

Wesamei Apriliana Escurial (Unknown)
Budiyono Budiyono (Unknown)
Yoga Ardian Feriandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Di dalam dunia pendidikan, teknologi turut mengambil peran dalam menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang aktif dan efisien. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat dua aktor utama yakni pendidik dan peserta didik yang mempunyai peran sentral dalam kegiatan belajar mengajar. Saat menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar, guru menggunakan metode dan model pembelajaran tertentu agar dapat merangsang siswa menjadi aktif saat pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran tersebut dibantu dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi yang menjembatani komunikasi antara guru dan siswa. Media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat menumbuhkan hasrat dan minat yang baru, menumbuhkan dorongan dan impuls dalam aktivitas belajar bahkan mendatangkan imbas-imbas psikis pada peserta didik. Begitu pula dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, perlu adanya suatu media yang mampu menjadi alat perantara/komunikasi yang efektif antara guru dan siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar. Secara umum, media pembelajaran terdiri dari media audio, media visual, media audio visual, orang, bahan, alat, teknik dan latar. Pada penelitian skripsi saya ini saya akan membahas mengenai media pembelajaran audio visual Smart TV. Media pembelajaran audio visual Smart TV, merupakan teknologi yang berkelanjutan dalam perkembangan generasi televisi. Smart TV yang terhubung dengan wireless dan mempunyai aplikasi android di dalamnya merupakan satu keunggulan tersendiri disamping dijadikan sebagai media pembelajaran.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi (Smart TV) dan Minat Belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat adanya dampak dari media pembelajaran berbasis teknologi (Smart TV) dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMAN 4 Kota Madiun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...