SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Peningkatan hasil belajar tematik melalui penggunaan media diorama berbasis Inquiry Learning untuk siswa kelas V SDN Pilangbango

Septy Pradani (Unknown)
M Soeprijadi Djoko Laksana (Unknown)
Raras Setyo Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa melalui penerapan media diorama berbasis Inquiry Learning yang memiliki tahapan diantaranya orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap siklus (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas V SDN Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun pada pembelajaran Tema 8 Subtema 1 dengan fokus siklus air. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi, digunakan untuk mengumpulkan data melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media diorama berbasis Inquiry Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dari hasil observasi. Siklus I diperoleh rata-rata 70% dan Siklus II dengan rata-rata 88%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 18%. Penelitian ini juga dapat meningkatkan hasil belajar Tema 8 Subtema 1, khususnya pada materi siklus air. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari Siklus I ke Siklus II. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 10 (62,5%) dan yang belum tuntas 6 (37,5%). Siklus II terdapat 15 siswa tuntas belajar (93,75%) dan yang belum tuntas 1 (6,25%). Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa kelas V SDN Pilangbango mengalami peningkatan dari siklus I 62,5% dan siklus II 93,75%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...