Pendidikan Pancasila (PKn) mengajarkan siswa tentang perilaku warga negara Indonesia yang baik dan bagaimana negara seharusnya. Meskipun demikian, ada fenomena ketika beberapa siswa menunjukkan kurangnya antusiasme dalam mengikuti pembelajaran kelompok. Hasil belajar siswa terpengaruh dan tingkat kebosanan mereka terhadap kegiatan belajar meningkat karena kurangnya variasi model pembelajaran. Diperlukan solusi untuk berbagai model pembelajaran kontemporer yang mampu menginvestigasi hasil belajar siswa, seperti model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model VCT terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Experiment Design dipilih sebagai desain penelitian, dan tipe Post-test Only Control Group dipilih sebagai desain penelitian. Nilai rata – rata yang meningkatkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh VCT terhadap hasil belajar PKn siswa.
Copyrights © 2024