SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 4 SDN 01 Nambangan Kidul

Alfando Gayus Kuncoro (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
M. Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Pendidikan Pancasila (PKn) mengajarkan siswa tentang perilaku warga negara Indonesia yang baik dan bagaimana negara seharusnya. Meskipun demikian, ada fenomena ketika beberapa siswa menunjukkan kurangnya antusiasme dalam mengikuti pembelajaran kelompok. Hasil belajar siswa terpengaruh dan tingkat kebosanan mereka terhadap kegiatan belajar meningkat karena kurangnya variasi model pembelajaran. Diperlukan solusi untuk berbagai model pembelajaran kontemporer yang mampu menginvestigasi hasil belajar siswa, seperti model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model VCT terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Experiment Design dipilih sebagai desain penelitian, dan tipe Post-test Only Control Group dipilih sebagai desain penelitian. Nilai rata – rata yang meningkatkan  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh VCT terhadap hasil belajar PKn siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...