SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD Negeri 04 Klegen Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Hilda Fadhila (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)
Rohmadi Rohmadi (SD Negeri 04 Klegen)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peserta didik kelas IV di SDN 04 Klegen Madiun tahun pelajaran 2023/2024 dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan liveworksheet. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Terdapat 12 peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Klegen yang menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melibatkan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada tahun pelajaran 2023/2024 penerapan liveworksheet berhasil meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 04 Klegen. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 66,67% dengan rata-rata 71 pada siklus 1, dan 91,67% dengan rata-rata 84 pada siklus 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...