SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Keefektifan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Aplikasi Let’s Read terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD

Cindi Amelia Agustina Putri (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Maksud dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keefektifan dari model Learning Cycle 5E berbantuan media Aplikasi Let’s Read terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode adalah kuantitatif. Jenis peneitian yaitu eksperimen semu dengan Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Getasanyar 1 yang menjadi kelas kontrol dan SDN Getasanyar 3 menjadi kelas eksperimen yang berada di Kabupaten Magetan. Tes subyektif atau uraian digunakan sebagai instrumen tes. Hasil yang didapatkan melalui uji hipotesis yaitu, nilai Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi yang artinya 0,042 < 0.05. Berdasarkan perolehan tersebut maka,  diterima dan  ditolak. Kesimpulannya adalah model Learning Cycle 5E berbantuan media Aplikasi Let’s Read efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...