Pada dasarnya peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda salah satunya adalah gaya belajar, sehingga perlu adanya penerapan pendekatan pembelajaran yang mendukung keberagaman gaya belajar sehingga peserta didik dapat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Peserta didik aktif dalam pembelajaran pasti akan mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran volume melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan Taggart (1998) yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sebanyak 22 peserta didik kelas 4B SDN Manguharjo menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan observasi dan tes untuk pengumpulan data. Data yang digunakan adalah data hasil tes belajar peserta didik dan lembar hasil observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan bahwa pembelajaran matematika materi pengukuran volume yang menerapkan diferensiasi gaya belajar dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah kegiatan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sesuai gaya belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat yaitu persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus 38%, siklus 1 meningkat menjadi 68% dan siklus 2 meningkat mendekati sempurna menjadi 93% sehingga dapat disimplkan bahwa penerapan diferensiasi gaya belajar dapat mneingkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materiĀ pengukuran volume di kelas 4B SDN Mnaguharjo Kota Madiun.
Copyrights © 2024