SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Diferensiasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Volume Peserta Didik Kelas 4B SDN Manguharjo Kota Madiun

Alvi Nanda Choirina (Universitas PGRI Madiun)
Diyah Santi Hariyani (Universitas PGRI Madiun)
Zalita Vidiani Nurhana (SDN Manguharjo Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Pada dasarnya peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda salah satunya adalah gaya belajar, sehingga perlu adanya penerapan pendekatan pembelajaran yang mendukung keberagaman gaya belajar sehingga peserta didik dapat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Peserta didik aktif dalam pembelajaran pasti akan mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran volume melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan Taggart (1998) yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Sebanyak 22 peserta didik kelas 4B SDN Manguharjo menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan observasi dan tes untuk pengumpulan data. Data yang digunakan adalah data hasil tes belajar peserta didik dan lembar hasil observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan bahwa pembelajaran matematika materi pengukuran volume yang menerapkan diferensiasi gaya belajar dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah kegiatan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran sesuai gaya belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat yaitu persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus 38%, siklus 1 meningkat menjadi 68% dan siklus 2 meningkat mendekati sempurna menjadi 93% sehingga dapat disimplkan bahwa penerapan diferensiasi gaya belajar dapat mneingkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materiĀ  pengukuran volume di kelas 4B SDN Mnaguharjo Kota Madiun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...