SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengaruh Model Joyfull Learning Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul

Ilham Nursya‘bani (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Moh. Suprijadi Joko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penulisan artikel bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model joyfull learning yang didukung oleh media articulate storyline terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonquivalent control group. Populasi dan sampel terdiri dari 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes sebagai instrumen pengumpulan data. Untuk pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sample jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji berpasangan atau uji paired sample t test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan dari model joyfull learning berbantuan media articulate storyline terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini menunjukkan peningkatan yang dalam kemampuan numerasi siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen adalah 82,36, sebaliknya untuk kelas kontrol adalah 70,50, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan numerasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...