SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Mengenai Volume Prisma Segitiga Ditinjau Dari Gender

Widya Norma Ambardi (Universitas PGRI Madiun)
Sardulo Gembong (Universitas PGRI Madiun)
Ika Krisdiana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual siswa mengenai volume prisma segitiga ditinjau dari gender. Penentuan subjek berdasarkan melihat nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas VIII serta dengan pertimbangan dari guru mata pelajaran matematika pada kelas VIII tersebut sehingga subjek yang diambil yaitu 2 siswa dengan 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan untuk mewakili setiap gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes tulis dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman konseptual siswa laki-laki kurang baik mengenai volume prisma segitiga. (2) Pemahaman konseptual siswa perempuan cukup baik mengenai volume prisma.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...