Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas III dalam menulis teks informasi penting. Hal ini disebabkan pembelajaran yang berlangsung tidak terfokus pada latihan menulis informasi penting .Untuk menyiasati permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pembelajaran kooperatif cooperative learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dimana siswa berkolaborasi dalam kelompok kecil dan saling membantu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks informasi penting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kanigoro 02 Kota Madiun yang berjumlah 22 orang. Penyidikan yang dilakukan bersifat PTK (class action).Instrumen yang digunakan meliputi angket observasi dan evaluasi untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar dan lembar observasi untuk memantau partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan media flipbook. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media flipbook mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas III SDN 02 Kanigoro Madiun secara signifikan. Dari hasil pretes, postes dan observasi, terlihat peningkatan yang cukup besar dalam tingkat konsentrasi belajar peserta didik dari pra-tindakan hingga siklus II. Pada awalnya, hanya 45,45% peserta didik yang mencapai skor konsentrasi belajar di atas
Copyrights © 2024