SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Analisis Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 2 Sdn Beran 4 Ngawi

Nurul Janahti (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Lis Yanthi Nurhayati (SDN Beran 4 Ngawi)
Lina Cahyawati (SDN Beran 4 Ngawi)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Tingkat ketercapaian proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar. Banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya mteode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Hasil belajar dapat dilihat dari  nilai ulangan harian. Siswa kelas 2 di SDN BERAN 4 NGAWI masih banyak yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Guru berupaya menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran kooperatif.  Model Problem Based Learning (PBL) menuntut siswa untuk aktif dan saling mendukung satu sama lain untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil uji  Paired Samples Test menunjukkan bahwa t hitung (8,380) > t tabel (2,07961) dan sig. (0,00) < α (0,05), artinya H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan metode Problem Based Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...