SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VII-D SMPN 4 Pacitan

Rila Puspitasari (Unknown)
Dahlia Novarianing Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Sekolah adalah Pendidikan formal, tempat dimana siswa menimba ilmu dan mengembangkan potensi, menunjukkan bakat dan minat yang dimiliki, tempat pengekspresian diri, serta sebagai tempat mempelajari pelajaran yang tidak bisa didapat dari rumah. Sekolah menjadi waktu dan wadah bagi anak untuk belajar, bermain, dan berinteraksi dengan lingkungan dan teman-temannya disekolah. Interaksi sosial adalah faktor penting dalam kegiatan belajar siswa karena dengan interaksi sosial dapat menunjang tercapainya tujuan belajar. Peserta didik diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik dan bisa berfikir secara rasional dalam proses interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial peserta didik kelas VII-D SMPN 4 PACITAN. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian kualitatif dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial peserta didik kelas VII-D SMPN 4 Pacitan dengan teman sebaya, dengan guru dan juga dengan seluruh warga sekolah terjalin dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...