SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di SD Negeri Gading Kulon II Kabupaten Probolinggo

Faridahtul Jannah (Universitas Panca Marga)
Shofia Hattarina (Universitas Panca Marga)
Adelia Anggraini Lestari (Universitas Panca Marga)
Nabila Maulidya (Universitas Panca Marga)
Alfina Fauziah (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aktivasi literasi GLS di SD NEGERI GADING KULON II KABUPATEN PROBOLINGGO yang meliputi (1) Proses pelaksanaan, (2) kegiatan literasi siswa, (3) kegiatan literasi sekolah, (4 ) faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi, sumber data penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, staf perpustakaan di SD Negeri GADING KULON II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan aktivasi Literasi Sekolah di SD Negeri GADIG KULON II sudah mencapai tahap pembelajaran, walaupun pada tahap ini belum optimal. Kegiatan literasi siswa yang diterapkan terdapat berbagai macam literasi yang mendukung pelaksanaan Pengaktifan Literasi Sekolah GADING KULON II sebagai literasi dasar, literasi media, teknologi, perpustakaan dan visual. Kegiatan Literasi Sekolah mendukung pelaksanaan pengaktifan GLS di SD Negeri GADING KULON II dimana sekolah memaksimalkan pemanfaatan lingkungan fisik, sosial dan afektif serta lingkungan akademik yang mendukung pelaksanaan GLS. Sedangkan hasil penelitian bahwa faktor pendukung terdiri dari kebutuhan sekolah yang sudah memenuhi tuntutan standar nasional pendidikan, pemanfaatan sarana prasarana sekolah dengan baik, perangkat pelatihan sekolah dilakukan secara berkala, pengelolaan perpustakaan sekolah dengan baik, dan adanya monitoring dan evaluasi pelaksanaan. Aktivasi Literasi Sekolah I di SD Negeri GADING KULON II. Sedangkan faktor penghambat Gerakan Literasi Sekolah yaitu, tidak adanya target jumlah buku yang harus dibaca dan kurangnya keterlibatan orang tua sebagai agen untuk melanjutkan kegiatan literasi siswa di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...