Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pemanfaatan media elektronik sebagai media pembelajaran guna meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 12 Kota Madiun. Media elektronik merupakan media massa yang digandrungi banyak orang dan memungkinkan kita memperoleh informasi dengan cepat melalui audio dan gambar. Penggunaan media elektronik dalam proses pembelajaran sangat signifikan dan memberikan umpan balik kepada guru serta peserta didik. Media pembelajaran adalah sebuah bentuk alat komunikasi yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran ke peserta didik sesuai dengan modul ajar supaya proses pembelajaran bisa berjalan secara efisien serta efektif. Berdasarkan hasil penelitian saat ini, perangkat elektronik seperti handphone dan laptop dapat sangat menunjang pembelajaran, tidak hanya memudahkan komunikasi guru, tetapi juga meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Pemanfaatan media elektronik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang kegunaan pendidikan, serta mencapai hasil belajar yang baik. Penggunaan media elektronik yang efektif dan efisien akan mendatangkan banyak manfaat bagi penggunanya. Dengan menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran untuk membantu guru dan peserta didik mencapai tujuan setiap pembelajaran.
Copyrights © 2024