SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Kemampuan matematisasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship

Avellina Miftakus Saadah (Unknown)
Titin Masfingatin (Unknown)
Indra Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematisasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada konten change and relationship. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 12 Madiun yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Profil matematisasi siswa perempuan dalam menyelesaikan soal tipe PISA dengan menuliskan informasi yang terdapat pada soal kemudian menggunakan simbol untuk menghubungkan informasi pada soal dengan penyelesaian, membuat model matematika dari informasi pada soal berupa permisalan. Dari model matematika yang dibuat kemudian diselesaikan dengan menggunakan alogaritma untuk memperoleh kesimpulan.. (2) Profil matematisasi siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal tipe PISA dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, setelahnya membuat model matematika berupa gambar, kemudian menyelesaikan model matematika yang dibuat hingga memperoleh kesimpulan menggunakan alogaritma.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...