SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Efektivitas Model PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar

Alfina Risanjani (Unknown)
Rissa Prima Kurniawati (Unknown)
Elly’s Mersina Mursidik (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas model PBL terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi bangun datar. Tipe penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental dengan bentuk Posttest-Only Control Design dipakai dalam penelitian. Sampel penelitian ini adalah 49 siswa kelas IV SDN 01 Manisrejo yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes  dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat yang diolah menggunakan SPSS. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar pada kelas yang diajar menggunakan model PBL dengan kelas yang tidak diajar menggunakan model PBL. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 77,20 dan kelas kontrol 70,21 dan hasil thitung (2,609) > ttabel (2,021) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Maka dapat ditunjukkan bahwa model PBL efektif terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...