SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Project dalam Meningkatkan Sikap Gotong Royong Siswa SDN Beran 4 Ngawi

Syari Hanifah (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Lis Yanthi Nurhayati (SDN Beran 4 Ngawi)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya penerapan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan karakter gotong royong pada siswa. Oleh sebab itu diadakan penelitian tindakan kelas, untuk meningkatkan sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui pembelajaran berbasis project berjumlah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan design milik Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Beran 4 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi menggunakan instrument berupa lembar observasi. Setelah mengumpulkan data, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, skor hasil penilaian sikap gotong royong adalah 2 atau tergolong cukup pada siklus I skor hasil gotong royong 3 menunjukkan ada peningkatan dari sebelumnya, dan pada siklus II skor gotong royong adalah 3,36 yang menunjukkan termasuk dalam kriteria sangat baik. Setelah dilakukan pembelajaran berbasis project siswa menunjukkan sikap gotong royong yang baik daam mengerjakan tugas kelompok, bersedia menyelesaikan tugas bersama-sama, menghargai teman, dan tidak mudah menyalahkan teman kelompoknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...