SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Penerapan Metode Reinforcement And Punishment Untuk Meningkatkan Kemauan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa

Abdul Basit (Panca Marga University)
Didit Yulian Kasdriyanto (Universitas Panca Marga)
Bunadi Bunadi (Universitas Panca Marga)
Nabila Maulidya (Universitas Panca Marga)
Komaria Aziza (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Badrut Tamam Kelurahan Wonoasih Kec. Wonoasih Kota Probolinggo yang terdiri dari 10 orang peserta didik dengan rincian 6 siswa dan 4 siswi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan belajar siswa mnggunakan Metode Reinforcement and Punishment. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan dari pratindakan ke siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pratindakan diketahui siswa yang memiliki kemauan belajar hanya 3 orang (30%), sedangkan 7 orang (70%) kurang memiliki kemauan belajar. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan sekitar 20% dan pada siklus II semakin meningkat yaitu 7 orang (70%) memiliki kemauan belajar, sedangkan 3 orang (30%) kurang memiliki kemauan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reinforcement and Punishment dalam pembejaran IPA dapat meningkatkan kemauan belajar siswa kelas III di SD Badrut Tamam Kec. Wonoasih Kota Probolinggo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...