Studi ini menyelidiki seberapa efektif model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di mata pelajaran matematika dengan topik pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagai bagian dari proses penelitian. Studi ini melibatkan tujuh siswa dari kelas IV SDN Karangmalang 2. Lembar observasi dan evaluasi digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan model PjBL mengalami peningkatan, dari 57,14% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II, menunjukkan peningkatan sebesar 28,57%. Pelaksanaan proses pembelajaran dengan model PjBL juga meningkat, dengan persentase rata-rata siswa sebesar 74,28% pada siklus I dan peningkatan yang signifikan pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas IV dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada topik pecahan.
Copyrights © 2024