SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Problematika Penggunaan ChatGPT Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA

Setya Yoga Pratama (Universitas PGRI Madiun)
Yudi Hartono (Universitas PGRI Madiun)
Siti Nurkholipah (SMA Negeri 5 Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Berbicara tentang pembelajaran sejarah di sekolah, tidak dapat dilepaskan dari fakta dan sumber sejarah. Pada pembelajaran berbasis digital ini berbagai informasi tak terkecuali tentang sejarah bahkan dapat diperoleh dengan cepat dan mudah dengan bantuan kecerdasan buatan seperti ChatGPT. Artikel ini betujuan untuk mengkaji berbagai probematika yang timbul dari pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran sejarah di SMA, serta menawarkan solusi guna mengatasi tantangan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan ChatGPT terdapat permasaahan pada sektor (1) akurasi data dan sumber pembelajaran;  (2) kemampuan berpikir kritis; dan (3) plagiarisme Simpulan dari penelitian ini menyarankan perlunya verifikasi informasi secara aktif oleh pendidik, integrasi teknologi ChatGPT yang dipertimbangkan secara cermat dalam kurikulum, pengembangan literasi digital siswa, serta pemanfaatan ChatGPT sebagai alat pendukung untuk memperdalam diskusi kelas. Dengan pendekatan yang hati-hati dan terstruktur, pemanfaatan ChatGPT dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembelajaran sejarah di SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...