Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan E-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) guna meningkatkan literasi numerasi siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa pada kelas X SMKN 2 Madiun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, serta melalui angket respon siswa terhadap E-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis RME secara signifikan meningkatkan literasi numerasi siswa. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan E-LKPD dalam proses pembelajaran. E-LKPD berbasis RME yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase diperoleh dari ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 100%, kemudian hasil keefektifan dengan rata-rata persentase sebesar 77,21%, kepraktisan dengan rata-rata persentase sebesar 85%. Dengan demikian, E-LKPD berbasis RME dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
Copyrights © 2024