SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implemetasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran IPAS pada SD Negeri Krajan 2

Anisa Renis Widya Putri (Universitas PGRI Madiun)
Dwi Nila Andriani (Universitas PGRI Madiun)
Karunia Atik Nurba'in (SD Negeri Krajan 2)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Pendidikan adalah upaya penting untuk secara aktif belajar dan mengembangkan potensi melalui proses pengajaran dan pembelajaran, metode, dan pendekatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia harus berfokus pada keterampilan literasi yang dimana dikategorikan kurang karena pengaruhnya pada era teknologi sehingga untuk social yang mengkhawatirkan. Literasi adalah kemampuan untuk memahami informasi selama proses belajar, serta kemampuan untuk mempelajari dan mengerti informasi untuk pertumbuhan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih mendalam mengenai program kampus mengajar dan implementasinya di lembaga pendidikan yang dimana peran mahasiswa sangatlah penting. Metode penelitian yang digunakan adalah review literatur atau desain studi, yang melibatkan berbagai sumber seperti buku, artikel, dan makalah penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program Kampus Merdeka Mengajar berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia mampu meningkatkan budaya literasi  semua mata pelajaran terkhususnya pada penelitian ini yaitu pembelajaran IPAS pada SD Negeri Krajan 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...