SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Kemampuan HOTS Siswa SD

Intan Nur Sulistyo Rini (Universitas PGRI Madiun)
Rissa Prima Kurniawati (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan HOTS siswa SD dipengaruhi oleh model pembelajaran Take and Give. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Sempel pada studi ini ialah siswa kelas V A SDN 01 Manisrejo sebanyak 26 siswa (kelas eksperimen) dan kelas V B sebanyak 25 siswa (kelas kontrol). Tes dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Sesuai dengan hasil analisis data didapatkan hasil posttest kelas eksperimen rata-rata 46,54 dan kelas kontrol rata-rata 34,8. Kemudian dilakukan uji hipotesis memakai uji T. Hasil studi ini diperoleh Thitunug (3,16) > Ttabel (2,0) taraf signifikansi 0,5. Kesimpulan penelitian adalah model Take And Give berpengaruh terhadap kemampuan HOTS Siswa SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...