SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Peningkatan Pemahaman Rumus Luas Segitiga Mealui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Siswa Kelas VII D MTs Negeri Kota Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022

Fariz Nur Hamzah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pemahaman rumus luas segitiga dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning sebagai suatu upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran. PTK ini dilaksanakan dngan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan secara tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa tentang rumus luas bangun segitiga meningkat setelah pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning. (2) siswa sangat antusias dalam menemukan rumus luas bangun segitiga dalam kerja kelompok, terlihat dengan adanya peningkatan dari nilai cukup (72,18) pada siklus I menjadi sangat baik (82,81) pada siklus II. (3) Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan dengan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 37,5% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II.Berdasarkan nilai yang diperolehsiswa dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat digunakan pada Penelitan tindakan kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...