Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan proyek papan diagram batang (PADITA) terhadap kemampuan gotong royong (P5) peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor pada materi diagram batang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 2 siklus pembelajaran. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahapan yang berurutan: perencanaan, implemtasi, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor yang berjumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan disajikan berupa grafik dan tabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian, ditemukan peningkatan kemampuan gotong royong peserta didik. Peningkatan tersebut diperoleh berdasarkan nilai rata- rata kelas siklus I yaitu 57,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,3. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan proyek papan diagram batang (PADITA) efektif meningkatkan kemampuan gotong royong peserta didik kelas 5 SD Negeri 02 Madiun Lor.
Copyrights © 2024