SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implementasi Model PBL Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Beran 4 Ngawi

Arum Ariyani (Universitas PGRI Madiun)
Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Lis Yanthi Nurhayati (SDN Beran 4 Ngawi)
Lina Cahyawati (SDN Beran 4 Ngawi)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Saat ini banyak siswa yang masih merasa bahwa Matematika itu sulit, diperkuat dengan bukti motivasi dan hasil belajar rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi denagn pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Peneliti melakukan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan metode planning-acting-observing-reflecting. Penelitian kualitatif ini menggukanan teknik pengumpulan data berupa nilai pre-test, post-test, dan angket motivasi belajar.  Penilitian dilakukan di kelas 2B SDN Beran 4 Ngawi pada Semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Pembelajaran dilakukan pada Materi Berbagai Diagram dengan jumlah siswa 22 anak, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Proses pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Siswa diminta untuk mengerjakan soal pre-test dan post-test di setiap siklus dan mengisi angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika dengan penerapan model PBL yang terintegrasi dengan CRT. Ketuntasan hasil belajar Matematika pada siklus 1 mengalami kenaikan dari 27% menjadi 50%, dan pada siklus 2 naik dari 27% menjadi 86%. Hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa cukup tinggi dengan persentase setuju 66%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...