SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Atraktif Roda Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas III SD RK Budi Luhur Medan

Suarniwati Halawa (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)
Rumiris Lumbangaol (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan  media atraktif roda  pintar terhadap  hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen jenis penelitian kuantitatif.  Penelitian ini dilaksanakan di SD RK Budi Luhur Medan di kelas III mulai 29 sampai 31 Maret 2022. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling sederhana. Berdasarkan analisis diperoleh hasil pre test 60,66 dengan kategori cukup. Hasil post test dengan nilai rata-rata 84,6 dengan kategori kuat dan angket model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar dengan nilai rata-rata 80,2. Hasil analisis korelasi pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi rhitung = 0,725 dengan rtabel 0,361. Dengan demikian nilai rhitung lebih besar dari rtabel maka korelasi sangat signifikan. Uji hipotesis dengan uji t dengan perolehan thitung =5,563 dengan ttabel =1,697 pada taraf signifikan 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar dilihat dari pengaruh variabel x dan y yaitu adanya pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan media atraktif roda pintar terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...