SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya Lokal Ponorogo untuk Siswa Sekolah Dasar

Arda Yulianti (Unknown)
Raras Setyo Retno (Unknown)
M.Soeprijadi Djoko Laksmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pengembangan Modul Literasi Berbasis Etnosains Budaya LokalĀ  Ponorogo untuk siswa sekolah dasar. (2)Mengetahui Kelayakan Modul Literasi Etnosains Budaya Lokal Ponorogo. (3) Mengetahui tingkat Kepraktisan Modul Literasi Etnosains Berbasis Budaya Lokal Ponorogo yang diterapkan dalam pembelajaran sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Deevelopment, Implementation, Evaluation) dan menggunakan teknik pengumpulan data angket serta dokumentasi. Model ADDIE ini merupakan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk pembelajaran secara utuh dengan langkah yang simpel dan mudah untuk dipelajari. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk layak dan praktis digunakan dengan presentase Media (74%), Materi (100%), dan Bahasa (90%) dan respon siswa dengan presentase (90,93%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...