SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penggunaan Game Interaktif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi dengan Metode PBL (Problem Based Learning) di SMPN 9 Madiun

Nanda Aulia Nur Febriana (Universitas PGRI Madiun)
Dita Aulia Nabila (Universitas PGRI Madiun)
Devflin Yudha Putri Syafira (Universitas PGRI Madiun)
Muhammad Faiz (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang dapat di terapkan pada peserta didik jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Media Pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah penggunaan media konvensional yang dilengkapi dengan pengaplikasian media pembelajaran berbasis IT (Information Tecnology) dengan menggunakan barcode quiziz. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Game Interaktif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Puisi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 8. Dengan sampel peserta didik yang di ambil sebanyak 16 anak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami materi puisi melalui media ajar Game Interaktif dengan baik serta meningkatkan kreativitas hasil belajar yang signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...