Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model PjBL dengan media ecoprint dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kepuhrejo; dan (2) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kepuhrejo dengan model PjBL dengan media ecoprint. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan dikenal sebagai penelitian tindakan kelas. Informasi dikumpulkan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa 39% siswa telah menyelesaikan hasil belajar pra-siklus, yang memenuhi syarat sebagai masih belum memuaskan. Hasil belajar pada siklus I memiliki tingkat ketuntasan siswa sebesar 72% yang dinilai cukup baik. Dan hasil belajar siklus II memperoleh persentase 83% dengan kualifikasi sangat baik. Hasilnya, hasil belajar meningkat secara signifikan. Menurut penelitian, pembelajaran menggunakan media PjBL dengan media ecoprint dapat mempermudah anak dalam memperoleh informasi tentang struktur dan fungsi daun di kelas IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2023