Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran Puzzle Pecahan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Pangongangan Kota Madiun. Puzzle adalah kontruksi melalui kegiatan memasang atau menjodohkan kotak-kotak, atau gambar bangun-bangun tertentu sehingga akhirnya membentuk sebuah pola tertentu (Saryanti, 2022). Media puzzle yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa seperangkat puzzle matematika yang di dalamnya terdapat jenis-jenis pecahan sederhana seperti 1/2, 1/3, dan 1/4. Subjek penelitian ini adalah peserta didikĀ kelas II SD Negeri Pangongangan Kota Madiun dengan jumlah sebanyak 24 peserta didik. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 54%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 58% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan.
Copyrights © 2024