SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Kelas 2 SDN Pangongangan

Huda Wisesa (Universitas PGRI Madiun)
Raras Setyo Retno (Universitas PGRI Madiun)
Widyaningrum Widyaningrum (SDN 05 Madiun Lor)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran Puzzle Pecahan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Pangongangan Kota Madiun. Puzzle adalah kontruksi melalui kegiatan memasang atau menjodohkan kotak-kotak, atau gambar bangun-bangun tertentu sehingga akhirnya membentuk sebuah pola tertentu (Saryanti, 2022). Media puzzle yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa seperangkat puzzle matematika yang di dalamnya terdapat jenis-jenis pecahan sederhana seperti 1/2, 1/3, dan 1/4. Subjek penelitian ini adalah peserta didikĀ  kelas II SD Negeri Pangongangan Kota Madiun dengan jumlah sebanyak 24 peserta didik. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 54%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 58% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...