SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning melalui Pendekatan Teaching at the Right Level di SDN 02 Kanigoro

Fahmut Taajuddin (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri P (Universitas PGRI Madiun)
Atik Puji Astuti (SDN 02 Kanigoro)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level di SDN 02 Kanigoro. Pendekatan TaRL dilakukan untuk memberikan perlakuan yang berbeda guna memenuhi kebutuhan belajar peserta didik agar dapat berkembang sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus melalui lembar angket minat belajar dan hasil belajar yang didapat dari asesmen sumatif pada akhir pembelajaran siklus 1 dan 2. Penelitian dikatakan berhasil apabila persentase minat belajar dapat meningkat dan peserta didik mendapatkan hasil belajar diatas KKM dengan persentase ketuntasan lebih dari 30%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase minat belajar sebesar 14% yang semula 63% pada siklus I meningkat menjadi 77% pada siklus II. Berdasarkan hasil asesmen sumatif terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 15% yang semula persentase ketuntasan belajar sebesar 75% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa penerapan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kanigoro.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...