Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level di SDN 02 Kanigoro. Pendekatan TaRL dilakukan untuk memberikan perlakuan yang berbeda guna memenuhi kebutuhan belajar peserta didik agar dapat berkembang sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus melalui lembar angket minat belajar dan hasil belajar yang didapat dari asesmen sumatif pada akhir pembelajaran siklus 1 dan 2. Penelitian dikatakan berhasil apabila persentase minat belajar dapat meningkat dan peserta didik mendapatkan hasil belajar diatas KKM dengan persentase ketuntasan lebih dari 30%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase minat belajar sebesar 14% yang semula 63% pada siklus I meningkat menjadi 77% pada siklus II. Berdasarkan hasil asesmen sumatif terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 15% yang semula persentase ketuntasan belajar sebesar 75% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini bahwa penerapan model cooperative learning melalui pendekatan teaching at the right level dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kanigoro.
Copyrights © 2024