Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, pada peserta didik kelas 2, mata pelajaran matematika, materi nilai tempat. Menggunakan penerapan model problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus memuat dua pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pertemuan kedua dilakukan untuk evaluasi. Pengolahan data dalam penelitian ini, observasi, wawancara dan tes. Teknik dalam penelitian ini deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil menunjukkan penggunakan model PBL berbantuan media PANIMPAT, menunjukkan 15 (68%) peserta didik tuntas memenuhi KKM. Namun 7 (32%) kurang dari KKM. Peneliti memberikan tindak lanjut, pada pelaksanaan siklus II. Jumlah peserta didik mencapai hasil KKM sebanyak 21 (95%) dan 1(5%) tidak memenuhi KKM.
Copyrights © 2024