SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Game Kelas IV SD Negeri Carikan

Putri Meribet Puspitaningrum (Unknown)
Endah Lely Trianawati (Unknown)
Ibadullah Malawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat SD Negeri Carikan Desa Carikan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur melalui penggunaan media pembelajaran game. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Yang dimaksud Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh peneliti bekerjasama dengan guru kelas dan dosen penguji dilakukan di kelas atau di sekolahan dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari 10 siswa terdapat 6 siswa belum mencapai ketuntasan KKM. Melalui penggunaan media pembelajaran game siswa mampu fokus dalam menyajikan data dalam bentuk diagram batang dengan benar dan mencapai ketetapan tujuan pembelajaran 100%. Kondisi awal presentase ketuntasan yaitu 40%, lalu mengalami peningkatan pada siklus I dengan dua siswa mengalami peningkatan menjadi sebanyak 60%. Pada siklus I hasil belajar meningkat namun belum optimal, sehingga dilakukannya tahap pelaksanan siklus II dan mencapai ketuntasan 100%. Penggunaan media pembelajaran game pada pelajaran Matematika berupaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan analisis data dengan triangulasi data dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan media pembelajaran game. Adapun kelebihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siswa aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran tidak monoton. Sedangkan kekurangannya kondisi kelas tidak kondusif sehingga perhatian guru pada anak yang diamati terganggu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...